Jl. Wanagama 1, Kalurahan Banaran, Playen Gunungkidul

PERINGATAN MALAM TIRAKATAN 17 AGUSTUS 2017 WARGA DESA BANARAN

 Salah satu tradisi seputar peringatan hari kemerdekaan RI, adalah diselenggarakannya “Malam Tirakatan”. Setidaknya kita dapat menjumpainya di beberapa tempat yang ada di Desa Banaran di 9 Dusun. Di sinilah warga Banaran I yang malam hari ini Malam Kamis yang merupakan Malam 17 Agustus 2017 melaksanakan malam tirakatan di Banaran I.  

Sesuai dengan namanya, “tirakat” akan berlangsung dengan khidmat, disertai doa dan perenungan arti dari pengorbanan para pahlawan dan makna dari kemerdekaan Indonesia. Acara tirakatan pada umumnya diselenggarakan tidak hanya dalam lingkup kantor birokrasi saja, namun juga di kampung-kampung, hingga di level RT/RW. Di sinilah kita dapat melihat realitas masyarakat, sejauh mana arti dan semangat kemerdekaan itu di hati rakyat. 


Selain di Dusun Banaran I kami juga mendokumentasi kegiatan Tirakatan Warga yang ada di Desa Banaran lainnya seperti halnya dari hasil dokumentasi kami di bawah ini

Tirakatan di Banaran II Rt 08

 
 

Tirakatan Banaran II di Balai Dusun (Rumah Bapak Kadus)







Malam Tirakatan di Banaran III Rt 15

Malam Tirakatan Banaran III Rt 16

 

Malam Tirakatan di Banaran V di Sebelah Timur Sendang Mojo

Malam Tirakatan Warga Banaran IX

Berdasarkan liputan kami di malam tirakatan karena waktu yang begitu berbenturan dari kami admin Banaran Info untuk dokumentasi Banaran IV, VI, VII dan VIII kami sempat menyisir di berbagai Dusun tidak menemukan aktifitas warga yang kumpul mengadakan Tirakatan. Karena di balai Desa Banaran sendiri juga melaksanakan Malam Tirakatan 17 Agustus 2017.

Disinilah kebersamaan Warga Banaran dalam melaksanakan Malam tirakatan yang ada di Desa Banaran semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Total Pageviews

Flag Counter Real Time Traffic