Jl. Wanagama 1, Kalurahan Banaran, Playen Gunungkidul

MALAM TIRAKATAN 17 AGUSTUS 2017 DI BALAI DESA BANARAN

Pada malam hari ini malam 17 Agustus 2017 di mana besok merupakan hari kemerdekaan HUT RI yang Ke-72 di mana orang-orang di seluruh Indonesia malam ini ikut Tirakatan.
Kali ini malam tirakat malam untuk merayakan Hut RI Ke-72 di Balai Desa Banaran di gelar Tirakatan.
Malam Tirakatan itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa arabThariqat-Thariq, yang berartijalansecara harfiahnya. Secara Definitif,Thariqat berarti suatu proses perjalan mencari kebenaran, atau mencari jalan yang benar. Bisa diartikanThariqat atau Tirakat adalah pencarian nilai-nilai kebenaran. Pencarian nilai itulah yang mengilhami adanya malam tirakatan 17 agustus. Mencari nilai tentang spirit kenegarawanan , spirit pejuangan yang telah dilakukan para pendahulu untuk membuat kemerdekaan indonesia. Spirit itulah yang harus ada, bukan hanya ketika hari kemerdekaan saja atau ketika malam tirakatan saja. Tetapi harus ada terpatri selamanya dalam hati warga indonesia.
Hal-hal seperti inilah yang sebenarnya menjadi keunggulan bangsa Indonesia yang dahulu memang dikenal dengan gotong royong dan kerukunan serta toleransinya. Di sinilah kebersamaan warga Desa Banaran pada malam hari ini di Balai Desa Banaran.
Kebersamaan warga Desa Banaran yang ikut melaksanakan di acara yang ada di Desa Banaran begitu kompak pula di belakang guna persiapkan segalanya.

Dalam pelaksanaan Malam Tirakatan yang di laksanakan di balai Desa Banaran juga di laksanakan Pula Upacara Adat Kenduri Dokumentasi selengkapnya ada pada gambar di bawah ini.
















Warga di Padusunan yang ada di Desa Banaran ada pula yang melaksanakan Malam tirakatan di dusun masing-masing yang ada didi Desa Banaran.
Berdasarkan hasil dokumentasi kami untuk warga Dusun Banaran yang melaksanakan Tirakatan Selengkapnya Silahkan Klik Di Sini

Demikian sekilas info kegiatan masyarakat Desa Banaran dalam memperingati Hut RI Ke-72 di malam 17 Agustus 2017.

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Total Pageviews

Flag Counter Real Time Traffic